Minggu, 11 November 2012

tips untuk semangat pada hari senin

libur dua hari seminggu masih terasa kurang saja. andai seminggu liburnya ditambah menjadi tiga hari, pasti masih merasa kurang juga. hari perubahan dari suasana santai ke suasana hectic memang agak tidak mudah. namun bukan berarti tidak bisa disiasati. caranya cukup mudah. lakukan hal-hal yang tidak biasa atau aneh kalau berani. beberapa hal yang bisa dilalukan untuk membuat suasana senin lebih semangat:
1. tersenyumlah, minimal pada cermin. syukur bisa membuat tersenyum orang-orang terdekat. konon, menurut psikologi, bahkan senyum yg dipaksakan pun berefek baik. 
2. ubah penampilan. pakailah kemeja baru, berat tiap minggu membeli , pakai saja kemeja terbaik paling nyaman yang pernah kalian punya. atau ubah gaya atau warna rambut. bikin tattoo temporer kalau masih ingin berganti-ganti gambar
3. berangkatlah lebih pagi melalui rute yang berbeda. misalnya untuk menuju blok m dari bintaro biasanya menyusuri jalan tanah kusir-kebayoran lama – mayestik-blok m, bergantilah melewati pondok-indah-radio dalam petogogan dan blok m. resiko telat lebih besar jika tak tahu jalan 
4. bawalah makanan/snack yang banyak ke kantor, bagikan satu-satu ke semua teman di mejanya. tidak penting apa makanannya, bisa sebungus oreo yang seribuan atau silverquin atau kue-kue lain kalau invoice side job sudah dibayarkan. 
5. tidak usah menonton berita di semua media baik tv, radio atau media online jika mood masih mudah terpengaruh. bagi sebagian orang mendengarkan lagu atau membaca (menulis) twit motivasi bisa membuat bahagia. 
6. jadwalkan hari senin nonton film. moment menunggu untuk sesuatu yang menyenangkan itu berefek kepada aktivitas keseluruhan hari itu. 
7. targetkan punya kenalan baru, minimal satu. kalian pasti pengen kenalan dengan seseorang karena kecantik(tampan)annya atau kepintarannya atau ke-an-nya yang lain bukan? nah di zaman yang sudah terhubung ini hal itu dilakukan dengan mudah. tak usah didengar jika ada yang men-judge sebagai social climber karena diam-diam mereka juga senang kok kalau punya kenalan, teman atau sahabat yang keren. 
8. berpuasalah, dari makan, minum, merokok atau apapun yang terlalu sering lakukan. istirahatkan lambung. awalnya super berat. namun semua itu akan terbalas ketika buka puasa, ada perasaan “mengalahkan” yang bisa membuat kecanduan. selain itu sehat. 
9. lakukan hal-hal yang tidak anda sukai yang berdampak positip yang sangat jarang anda lakukan. misalnya membantu office boy dengan membuat kopi sendiri atau tidak minta bantuan sama sekali
10. pelan-pelan mengubah mindset tentang bekerja. saat ini, di era 2.0 ini bekerja dan bermain nyaris tidak ada bedanya. kita bisa berasumsi bekerja 7/24 dan ini pikiran akan terasa berat. bagaimana kalau diubah bekerja itu adalah bermain-main yang menyenangkan, karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. sayang masih banyak perusahaan yang belum punya kebijakan seperti ini
jika masih tak bisa merasakan perubahan dan masih saja galau penuh keluhan, sebaiknya cari helium saja, karena kalau pakai arsenik tidak nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar